Migrasi ke “adhecs-web.com/blog”….

April 9, 2008

Transportasi Udara,,?Masih layakkah,,??

Filed under: Sosial — adhecs @ 4:46 am

Berikut data kecelakaan transportasi udara di Indonesia sejak tahun 1977 (sumber: Wikipedia.org)
mohon diralat jika ada kesalahan.
1977
– 29 Maret
– Pesawat Twin Otter Merpati Nusantara Airlines jatuh di Gunung Tinombala dalam perjalanan dari Palu ke Tolitoli, Sulawasi Tengah, dengan 13 orang korban tewas.

1979
– 6 Maret
– Fokker F-48 Garuda Indonesia menabrak lereng Gunung Bromo.
– 11 Juli – Fokker F-48 Garuda Indonesia menabrak dinding Gunung Pertektekan.

1980
– 4 April – Garuda Indonesia Airways jatuh dan terbakar di Bandara Polonia, menewaskan 26 orang awak dan penumpang, sementara 19 orang luka berat.

1981
– 20 September
– Pesawat DC-9 Garuda Indonesia Airways mendarat darurat akibat kerusakan mesin.

1982
– 20 Maret
– Garuda Indonesia, Bandara Branti Bandar Lampung.

1987
– 4 April
– Garuda Indonesia 035 jatuh saat mendarat di Bandara Polonia Medan. 28 penumpang dan awak tewas.

1991
– 5 Oktober
– Hercules C-130 milik TNI-AU jatuh di kawasan Condet, Jakarta Timur, 135 orang menjadi korban tewas.

1992
– 18 Oktober
– Pesawat Merpati Nusantara Airlines menabrak gunung dekat Garut, 30 orang tewas.

1993
– 9 Januari
– Bouraq Indonesia Airlines jatuh 600 meter dari ujung landasan Bandara Juanda, mengakibatkan 22 korban tewas.
– 1 Juli – Pesawat Fokker F-28 milik Merpati Nusantara menabrak bukit kecil saar akan mendarat di Bandar Udara Jefman. 41 Orang tewas.

1995
– 10 Januari
– Merpati Nusantara Airlines 6715 hilang di dekat Flores.

1996
– 17 Juni
– Garuda Indonesia 865 terbakar akibat pembatalan takeoff. 3 dari 275 penumpang tewas.

1997
– 26 September
– Garuda Indonesia GA 152 jatuh di pegunungan dekat Medan. Semua 234 penumpang tewas.

2002
– 14 Januari
– Lion Air JT-386.
– 16 Januari – Garuda Indonesia 421.

2004
– 3 Juli
– Lion Air 332 di Palembang.
– 30 November – Lion Air 538.

2005
– 10 Januari – Lion Air 789 gagal lepas landas dari Kendari, Sulawesi Tenggara.
– 15 Februari – Lion Air 1641 terpesorok di Bandara Selaparang, Mataram, NTB.
– 5 September – Mandala Airlines RI 091 Boeing 737-200 gagal takeoff dari Bandara Polonia Medan dan menabrak perumahan. Dari 117 penumpang dan awak, hanya 17 yang selamat. DItambah korban dari masyarakat sebanyak 41 orang tewas.

2006
– 4 Maret
– Lion Air IW 8987 tergelincir saat mendarat di Bandara Juanda.
– 5 Mei – Batavia Air 843 pecah ban dan tergelincir di landasan Bandara Soekarno Hatta.

2007
– 1 januari
– Adam Air 574 hilang diperairan Sulawesi Selatan. Semua 96 penumpang dan 6 awak pesawat tewas.
– 7 Januari – Batavia Air gagal melanjutkan perjalanan karena roda rusak.
– 17 januari – Mandala Airlines 660 mengalami kerusakan roda.
– 17 januari – Batavia Air Boeing 737-400 gagal melanjutkan perjalanan karena satu roda pesawat rusak.
– 21 Februari – Adam Air Boeing 737-300 tergelincir saat mendarat di Bandara Juanda.
– 7 Maret – Garuda Indonesia GA-200 terbakar akibat ledakan ban depan pesawat.
– 11 Maret – Helikopter Bell 47G Soloy milik TNI-AU jatuh dikawasan Subang.
– 12 Maret – Batavia Air 200 batal berangkat karena terdengar ledakan keras. Diduga berasal dari bagian mesin pesawat.
23 Maret – Merpati Nusantara Airlines Boeing 737-300 mengalami pecah kaca depan.
19 April – Trigana Air Fokker 27 melakukan pendaratan darurat setelah salah satu roda pecah.

2008
14 Maret – Garuda Indonesia Boeing 737-400 pecah ban saat mendarat.
Apa yang sebenarnya terjadi pada transportasi udara di negeri ini,,??

Fakta menyebutkan bahwa sebagian besar pesawat yang dimiliki maskapai penerbangan kita sudah tidak layak pakai (Usia pesawat melebihi batas maksimum).

Berikut statistik rata-rata umur pesawat di beberapa maskapai penerbangan Indonesia:

Garuda Indonesia, rata-rata berumur 10.0 tahun
Lion Air, rata-rata berumur 17.3 tahun
Adam Air, rata-rata berumur 18.1 tahun
Merpati, rata-rata berumur 21.6 tahun
Batavia Air, rata-rata berumur 23.4 tahun
Sriwijaya Air, rata-rata berumur 23.5 tahun
Mandala Airlines, rata-rata berumur 23.9 tahun
Bouraq Indonesia Airlines, rata-rata berumur 25.1 tahun (sumber statistik: forum indonesiaindonesia.com).

Bisa disimpulkan, umur pesawat yang berada diantara 17-25 tahun = umur manusia pada kisaran 65-80 tahun. hahaha,,sangat mengenaskan memang!!!

Ada beberapa faktor lain pendukung buruknya kualitas transportasi udara kita. Antara lain manajemen operasional maskapai itu sendiri. Terbukti ada beberapa maskapai penerbangan yang ketahuan menggunakan sparepart bekas untuk mengganti beberapa komponen pesawat yang rusak (bayangin aja, kalau ada orang tua berumur 65-80 dikasih obat kadaluarsa, gimana jadinya,,??apa ga ngos-ngosan tu,,??). Kenapa hal itu dilakukan? ya jelas, apalagi kalau bukan untuk menekan biaya operasional. Sungguh TERLALU!!!

Tanggapan pemerintah,,??
Yaitu peremajaan pesawat. Pemerintah berencana merevisi batas maksimum pengoperasian pesawat dari 35 tahun yang berlaku sekarang menjadi sekitar 20 tahun. Batas maksimum usia pesawat yag masuk ke Indonesia juga akan direvisi dari 20 tahun menjadi 10 tahun (sumber: setwapres.go.id).

Jadi, Tindakan apa yang seharusnya dilakukan para maskapai penerbangan guna meminimaliasi atau bahkan meniadakan angka kecelakaan yang kerap terjadi di negara ini?

Advertisements

2 Comments »

  1. iya bener jg tuh,,,
    apalagi di tahun 2007 udah banyak bgt memakan korban..
    mudah-mudahan pemerintah bisa memperbaiki kinerja pariwisata Indonesia ya Dhe..terutama transportasi udara…

    ~lho..tumben camat ngomong bener…hehe..peace..=p

    Comment by chamatz — April 9, 2008 @ 6:07 am

  2. hahahaha,,,,sip sip,,,

    moga aja pemerintah cepat tanggap,,krna mslah ini berhubungan lgsung sm nyawa manusia,,,^^

    Comment by adhecs — April 10, 2008 @ 3:59 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: