Migrasi ke “adhecs-web.com/blog”….

May 13, 2008

10 Hal Tidak Menyenangkan Pasca Reformasi

Filed under: Sosial — adhecs @ 9:33 am

gerakan mahasiswa Mei 1998

Sudah 1 dekade bangsa ini berada dalam masa REFORMASI setelah masa ORDE BARU yang dipimpin oleh Alm mantan presiden Soeharto digulingkan oleh desakan ratusan ribu mahasiswa yang “merasa bosan” dengan sistem pemerintahan saat itu. Tapi nyatanya, setelah orde baru-nya Soeharto kandas, berbagai masalah justru mencuat dan terasa dampaknya hingga sekarang ini. Metro tv tadi malam ( 12 Mei 2008 ) mengangkat topik menarik yang bertajuk “10 hal tidak menyenangkan pasca reformasi”. Berikut ulasan singkatnya.

– jumlah pengangguran meningkat
– kebebasan tak bertanggung jawab (kebebasan berpendapat sering disalah artikan dan semakin tidak beretikat).
– sistem politik semrawut (biasanya salah paham mengenai DEMOKRASI).
– BBM langka dan mahal.
– banyaknya demonstrasi yang mengganggu kenyamanan masyarakat.
– meningkatnya kerusuhan (kebanyakan di daerah akibat kesenjangan sosial yang terlalu tinggi dan hukum yang kurang ditegakkan. Rusuh antara pendukung parpol akibat fanatisme yang berlebihan).
– ekonomi tak stabil (hutang negara yang jatuh tempo dan harga minyak dunia yang semakin tinggi).
– meningkatnya kriminalitas (akibat meningkatnya kemiskinan dan pengangguran).
– tingginya korupsi (Indonesia adalah negara TERKORUP di ASIA).
– Mahalnya harga sembako (diakibatkan harga BBM yang semakin tinggi dan mengakibatkan pula bertambahnya jumlah penduduk miskin).

Dampak reformasi tidak selalu berbau negative. Mobilitas perekonomian yang semakin berkembang menjadi bukti bahwa reformasi yang kita pilih ini perlahan mampu mengangkat derajat bangsa. Dan tentu saja, menciptakan negara yang demokratis seperti yang kita dambakan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu proses panjang yang tentunya memakan waktu yang tidak sebentar pula untuk mengatasi berbagai polemik bangsa ini.
10 data di atas jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja. Akan lebih bijak kalau kita gunakan sebagai cerminan pembelajaran kepada para generasi muda dalam menentukan arah dan peradaban bangsa kita tercinta, Indonesia!!!

Advertisements

15 Comments »

  1. hiduuuuuuuup reformasi, tp harus bertanggung jawab lo…jgan suka refor tp malas ngejalaninnya…kayak tong kosong nyaring bunyinya..:P

    slm knl,

    Comment by hafidzi — May 14, 2008 @ 1:54 am

  2. betul sekali,,,,

    reformai terjadi karena kita yg memilihnya,,,seharusnya polemik antar pnguasa bisa dihindari,,,

    Comment by adhecs — May 14, 2008 @ 8:48 am

  3. iya kita harus memandang sgl sesuatu dr sisi psitifnya…

    Comment by hanggadamai — May 14, 2008 @ 9:04 am

  4. Masa 10 tahun terlalu singkat untuk sebuah pembelajaran menjadi negara yang lebih baik… terlebih bangsa ini baru belajar bicara bebas setelah 32 tahun dibungkam…

    *sebuah apologi*

    Comment by gempur — May 14, 2008 @ 3:32 pm

  5. negaranya sih ga mslah,,yg jd mslah itu para penguasa negeri ini,,,,,

    Comment by adhecs — May 14, 2008 @ 4:10 pm

  6. wah wah kalo gini terus…kita musti benah diri donk,,,mulai sejak ini….!
    tiap kali ada demo tapi hasil nya kok kayak nya gak ada..!

    Comment by fahmi — May 16, 2008 @ 8:23 pm

  7. gara-gara keserakahan seseorang akibatnya jadi kayak gini.

    duit membutakan mata hati…

    Comment by yusdi — May 17, 2008 @ 8:46 am

  8. Artikel di blog Anda sangat menarik. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com

    Comment by infogue — May 17, 2008 @ 10:46 am

  9. @fahmi
    demo sekrang ini sprtinya tidak efektif,,,aplgi diwarnai aksi anarkis,,,ini jstru malah bkin pemeritah gelap mata,,,

    @fahmi
    namanya juga duit sob,,,,haha,,

    Comment by adhecs — May 18, 2008 @ 12:28 pm

  10. trus kepiye ya?
    bangsa Indonesia mang ujiannya banyak, yang sabar aja kali y.
    yang jelas harapan itu selalu ada..
    kebangkitan nasional,, aku untuk Indonesiaku!!

    Comment by tamie — May 29, 2008 @ 3:49 pm

  11. ini nyata hanya di Indonesia…

    saya benci demo, ngapain coba..

    Comment by Malinda — May 30, 2008 @ 3:18 pm

  12. Somehow i missed the point. Probably lost in translation 🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Enamored

    Comment by Enamored — June 19, 2008 @ 8:02 pm

  13. aku ada tugas sejarah tentang reformasi, minta izin mengutip sedikit isi artikel ini. Terima kasih 🙂

    Comment by ifa — September 9, 2008 @ 8:23 pm

  14. bleh ngutip buat tugas skolh kan?

    .gamsahamnida.

    Comment by [ryeo.min] — April 22, 2009 @ 6:11 pm

  15. 1 lagi bro,. keberhasilan reformasi, terpisahnya Timtim dan kabarnya akan segera menyusul pulau pulau lainnya.,., Hidup Reformasi….

    Comment by Bapak Reformasi — March 24, 2013 @ 11:05 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: